23 Januari, 2008

KIAT MEMPEROLEH MURID BERKUALITAS

Diakui atau tidak, terutama sekolah swasta kini semakin menurun jumlah siswa yang potensial dari aspek kecerdasan mapun stabilitas sosio-ekonomi orangtuanya. Karena itulah, semua sekolah swasta sibuk berpromosi menjaring siswa baru, dengan menjanjikan bermacam aktifitas belajar (yang nyaris semua sekolah melakukan), serta keunggulan fasilitas yang dimilikinya.
Cobalah kumpulkan flier dan brosur yang disebar oleh sekolah, mulai dari perumahan elite, mal, hingga tempat peribadatan. Hampir semua sekolah menyampaikan pesan "me too", hanya menceritakan kehebatan sekolah (product benefit) dan melupakan "emotional benefit" siswa dan orangtua. Kecenderungan ini disebabkan kita terjebak pada "physical advantage" (kebanggaan berlebihan pada sarana fisik sekolah) dan mengabaikan kekuatan sumberdaya utamanya yaitu: kerjasama antara sekolah (guru), siswa dan orangtua sebagai tritunggal pendidikan.

Aspirasi

Semakin banyaknya orangtua yang suami-isteri bekerja, menyebabkan pilihan utama pada sekolah yang bisa mewujudkan harapan mereka, yaitu:
- Mengembangkan secara optimal kecerdasan putera-puterinya, selaras dengan kemajuan zaman.
- Membangun mental positif yang berorientasi pada prestasi.
- Memperkuat (justifikasi) keyakinan orangtua bahwa pilihan mereka terhadap suatu sekolah memang tepat.


Komunikasi

Dari tiga aspirasi tersebut dapat disimpulkan, bahwa dibutuhkan kerjasama yang baik antara tritunggal pendidikan. Pengertian kerjasama dan bukan sama-sama bekerja , adalah bahwa komunikasi antara ketiga pihak: sekolah, siswa dan orangtua mutlak perlu (bukan hanya pada saat penerimaan rapor) dan tidak dapat terhenti karena alasan kendala (kesibukan orangtua, surat edaran yang tidak sampai ke tangan orangtua, tidak dianggarkan untuk biaya komunikasi, dll). Dewasa ini, komunikasi antara sekolah dan orangtua kian jarang mungkin disebabkan terbentuknya komite sekolah yang dianggap telah mewakili orangtua. Namun, jika menelaah aspirasi orangtua, setidaknya mereka amat senang memperoleh informasi perkembangan studi putera-puterinya. Dilain pihak, dengan menjalin komunikasi yang baik kepada orangtua siswa, maka sekolah akan mendapat promosi yang paling efektif dari "mulut ke mulut" antar sesama orangtua. Silakan review dan jadikan case study di sekolah Anda.

Tidak ada komentar: